Waspada Penipuan Online Shop di Media Sosial

Waspada Penipuan Online Shop di Media Sosial




Waspada penipuan online shop di media sosial !!, peringatan itu sangat cocok bagi siapapun yang gemar belanja online di media sosial. Belanja memang dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan stress terutama bagi kaum hawa, apalagi saat ini semakin banyak online shop yang menjamur dengan berbagai tawaran yang menggiurkan. Namun semakin banyaknya online shop ini membuat para shopper sebaiknya berhati-hati karena makin banyak pula peluang penipuan berkedok online shop. Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman dari beberapa kerabat, berikut adalah beberapa tips untuk menghindari penipuan berkedok online shop di media sosial.

Waspada Penipuan Online Shop di Media Sosial

Kenali si Online Shop
Cek bio pelapak, apakah mereka memiliki alamat pasti atau bahkan memiliki toko serta kontak lengkap yang dapat dihubungi. Setidaknya cek terlebih dulu mengenai bio si pelapak untuk memastikan valid atau tidaknya online shop yang akan dituju. Jangan beli dari online shop di media sosial yang memiliki bio tidak jelas.

Baca Review Dari Pembeli
Perhatikan timeline serta komentar atau testimoni dari para pembeli, jangan pilih online shop yang tidak memiliki komentar atau testimoni bahkan yang mematikan fitur untuk meninggalkan komentar atau feedback. Memang testimoni atau komentar bisa saja dibuat-buat, tetapi tidak ada salahnya untuk membaca beberapa komentar atau testimoni si pelapak.

Banyak Tanya ke Seller
Jangan pernah ragu dan sungkan untuk banyak tanya ke seller, pastikan segala sesuatu jelas dan pasti. Tapi tetap sebagai pembeli kita jangan mudah percaya kepada seller online tersebut agar kita tidak tertipu.

Jangan Mudah Terpancing
Jangan mudah tergiur promo atau bahkan hanya sekedar tergiur oleh gambar postingan si pelapak online tersebut, gambar postingan suatu online shop bisa saja hanya gambar asal ambil dari tempat lain. Online shop yang baik pasti menggunakan postingan gambar dari produk mereka sendiri dan gambar yang diposting seharusnya adalah gambar produk yang paling update.

Tanya Om Google
Para penipu berkedok online shop pasti tidak hanya sekali dua kali melakukan aksinya, oleh karena itu seringlah googling mulai dari nama online shop tersebut, hingga nama dari rekening untuk melakukan pembayaran ke online shop tersebut. Karena dari beberapa pengalaman mereka yang pernah tertipu nama pemilik rekening dari online shop penipu sudah terkenal ketika kita search di Google dan anehnya para penipu tersebut masih saja dapat melakukan aksinya. Oleh karena itu sebelum melakukan pembayaran sebaiknya kita search di Google nama si pemiliki rekening online shop tersebut apakah memiliki record yang jelek atau tidak.

Waspada
Yang terakhir sudah tentu adalah tetap harus selalu waspada, jangan sampai menjadi korban online shop di media sosial. Hindari kebiasaan terburu-buru ketika ingin belanja online di media sosial, jangan tergiur oleh harga murah serta berbagai macam bonus yang ditawarkan.


Memang tidak semua online shop di media sosial adalah penipu, namun karena saat ini semakin banyak juga oknum yang memanfaatkan media sosial untuk menipu dengan modus online shop tidak ada salahnya agar kita selalu waspada sebelum bertransaksi.