Tipe Rekan Kerja Yang Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Menyusahkan

Tipe Rekan Kerja Yang Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Menyusahkan




Tempat kerja merupakan salah satu tempat berkumpulnya berbagai berbagai jenis karakter orang, sehingga sangat penting untuk mengetahui karakter rekan kerja kita. Memahami tipe rekan kerja akan membantu kita untuk menjalin hubungan kerja yang baik, namun karena terdapat berbagai jenis karakter, kita juga wajib mewaspadai jenis karakter rekan kerja yang tidak baik agar tidak menyusahkan kita di lingkungan kerja. Berikut berbagai tipe rekan kerja yang sebaiknya dihindari agar tidak menyusahkan kita.

Tipe Rekan Kerja Yang Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Menyusahkan

Tidak Memiliki Inisiatif
Memiliki inisiatif sangat penting untuk kelancaran kerja tim, apabila terdapat rekan kerja dalam satu tim yang tidak memiliki inisiatif pasti akan berpengaruh pada hasil kerja bahkan akan merugikan rekan kerja yang lain. Berikut adalah beberapa contoh tipe orang yang tidak memiliki inisiatif di dunia kerja :

  • Tidak ada kesadaran untuk tanggung jawab
  • Suka menunda pekerjaan
  • Selalu bergantung pada rekan kerja yang lain
  • Selalu menunggu untuk diarahkan
  • Tidak peduli dengan kewajiban
  • Arogan
    Tidak jarang terdapat rekan kerja yang memang lebih lama atau sebagai senior akan arogan kepada rekan kerja yang baru atau biasa disebut sebagai aksi senioritas, sebaiknya jangan sampai terpengaruh oleh sikap arogan yang tidak bermanfaat dan tidak berguna ini karena akan membuat hubungan yang tidak baik di tempat kerja.

    Tidak Mampu Menghadapi Tekanan
    Rekan kerja yang tidak mampu menghadapi tekanan akan mudah panik apabila menghadapi suatu masalah di tempat kerja, serta tidak bisa berpikir dengan baik dalam menghadapi masalah dan akhirnya tipe rekan kerja seperti ini akan lari dari tanggung jawab ketika sudah tidak mampu lagi menghadapi tekanan kerja.

    Bermuka Dua
    Tipe seperti ini yang paling berbahaya, karena tipe rekan kerja yang bermuka dua akan menggunakan berbagai cara agar terlihat baik di hadapan atasan. Tidak jarang rekan kerja yang bermuka dua akan menjatuhkan rekan kerja yang lain, dengan cara berpura-pura baik di hadapan kita namun akan menjatuhkan kita di hadapan atasan.

    Tidak Kompeten di Bidangnya
    Rekan kerja atau bahkan atasan yang tidak kompeten akan sangat mempengaruhi lingkungan kerja, karena tipe ini yang paling menyusahkan rekan kerja lainnya. Rekan kerja yang tidak kompeten tidak akan bisa bekerja dengan efektif dan efisien, terlebih apabila tipe seperti ini terdapat pada atasan, tentu akan membuat anggotanya tidak betah hingga akhirnya memutuskan untuk resign.