5 Contoh Sikap Negatif Ketika Menggunakan Media Sosial

5 Contoh Sikap Negatif Ketika Menggunakan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu hal yang tidak bisa lepas dari keseharian kita, bahkan pada kenyataannya para pengguna media sosial dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk sekedar “standby” memantau media sosial mereka. Kita pun terkadang lupa untuk bijak saat menggunakan media sosial, berikut adalah 5 contoh sikap negatif ketika menggunakan media sosial yang sadar atau tidak pasti pernah dilakukan oleh para pengguna media sosial.

5 Contoh Sikap Negatif Ketika Menggunakan Media Sosial

1. Mengumbar Masalah Pribadi di Media Sosial
Sengaja atau tidak pengguna media sosial pasti pernah meluapkan emosi serta mengumbar masalah pribadi mereka di media sosial, tidak peduli dari kalangan manapun serta usia berapapun sikap buruk mengumbar masalah pribadi di medsos ini tetap akan dilakukan.




Sebagai contoh adalah seseorang yang sedang marah atau kecewa pada orang lain, mereka akan meluapkan kemarahan dan kekecewaan mereka di media sosial dengan harapan hal itu akan tersampaikan kepada orang yang membuat mereka marah atau kecewa.

Hal ini bukanlah gambaran sikap yang bijaksana dan dewasa dalam menghadapi perkembangan teknologi seperti media sosial.

2. Melakukan Cyber Bullying
Tidak jarang kita lihat seseorang menghina bahkan merendahkan orang lain di media sosial atau biasa disebut dengan cyber bullying, ini termasuk salah satu sikap negatif ketika menggunakan media sosial.

Melakukan cyber bullying juga merupakan salah satu kurangnya kesiapan seseorang untuk hidup ditengah perkembangan teknologi, dan sebaiknya berhati-hati karena UU ITE akan menanti siapapun yang melakukan cyber bullying.

3. Menyebarkan Kebohongan Atau Hoaks
Ini juga yang paling sering terjadi di negara kita, menyebarkan hoaks atau menyebar kebohongan sering terjadi dengan berbagai tujuan walaupun yang paling panas adalah untuk tujuan politik.

Sebagai pengguna media sosial sudah saatnya kita cerdas dan mampu memilah mana yang logis atau rasional serta mana yang jelas-jelas kebohongan atau hoaks.

Jangan mudah terpengaruh serta terprovokasi dan menelan mentah-mentah segala macam bentuk kabar, informasi ataupun berita yang beredar.

4. Mencari Sensasi di Media Sosial
Media sosial juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mencari sensasi, mungkin hal ini terjadi karena beberapa pengguna media sosial memang menyukai sensasi serta drama. Tujuannya tentu agar viral, menjadi orang yang terkenal dan mendapat banyak perhatian.

5. Berlebihan Menggunakan Media Sosial
Segala macam hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk ketika menggunakan media sosial. Berlebihan ketika menggunakan media sosial merupakan sikap yang negatif karena sebagian besar waktu akan terbuang percuma hanya untuk media sosial, serta membuat kita kehilangan waktu untuk bersosialisasi di dunia nyata.

Beberapa contoh sikap negatif menggunakan media sosial diatas juga merupakan bentuk akibat dari kecanduan media sosial, oleh karena itu sebaiknya gunakan media sosial dengan baik dan benar agar tidak memberikan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.