5 Pertanyaan Saat Interview Kerja Yang Hampir Selalu Ditanyakan

5 Pertanyaan Saat Interview Kerja Yang Hampir Selalu Ditanyakan

Interview kerja merupakan proses yang penting dan dapat menentukan nasib seorang pelamar kerja, pewawancara akan mengajukan beberapa pertanyaan saat interview kerja berlangsung. Berikut ini adalah 5 pertanyaan saat interview kerja yang hampir selalu ditanyakan oleh pewawancara.

Sebelum mengikuti interview kerja, pahami terlebih dahulu 5 pertanyaan interview kerja berikut ini, kemudian persiapkan jawaban yang terbaik untuk menghadapi proses interview kerja tersebut.




5 Pertanyaan Saat Interview Kerja Yang Hampir Selalu Ditanyakan

1. Berapa Gaji Yang Diharapkan

Sebelum mengikuti interview kerja, jangan lupa untuk melakukan riset mengenai rata-rata gaji untuk posisi yang dilamar, jangan asal menyebut hingga nominal terlalu besar atau terlalu rendah.

Berikan nominal yang masuk akal dan sesuai dengan posisi yang dilamar, tidak ada masalah untuk sedikit melakukan negosiasi gaji sesuai dengan skill yang dimiliki.

2. Apa Yang Diketahui Mengenai Posisi Yang Dilamar

Selain gaji, riset mengenai posisi yang dilamar adalah hal wajib. Jangan sampai asal melamar kerja tanpa memahami posisi atau jabatan yang dilamar.

Sebelumnya pahami terlebih dahulu tugas serta tanggung jawab posisi yang ingin dilamar, serta pastikan apakah kita memiliki kemampuan untuk berada di posisi tersebut.

Jika sudah mengetahui segala macam tugas serta tanggung jawab yang harus dilakukan, pasti tidak akan susah untuk menjawab dan menjelaskan tugas serta kewajiban yang harus dilakukan.

3. Kenapa Resign Dari Tempat Kerja Sebelumnya

Terdapat banyak sebab seseorang resign atau mengundurkan diri dari suatu perusahaan, mulai dari habis kontrak, terkena PHK, atau bahkan tidak cocok dengan perusahaan sebelumnya.

Jika pernah bekerja di tempat lain, pertanyaan ini pasti akan muncul. Tidak perlu memberi jawaban yang menunjukkan berbagai hal negatif di tempat kerja sebelumnya.

Berikan jawaban yang positif mengenai keinginan untuk merintis karir yang lebih baik di perusahaan tempat kita melamar, namun jika alasannya karena terkena PHK atau habis kontrak kerja maka tidak ada masalah untuk menceritakan alasan tersebut kepada pewawancara.

4. Mengapa Tertarik Untuk Bergabung

Sama halnya dengan alasan resign dari perusahaan sebelumnya, jangan sampaikan hal yang negatif dari perusahaan sebelumnya sebagai alasan tertarik untuk bergabung.

Berikan jawaban jika kita memang ingin berkontribusi dan ikut berperan dalam kemajuan perusahaan tempat kita melamar, tunjukkan jika memang posisi yang dilamar sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.

5. Kapan Bisa Mulai Bergabung dan Bekerja

Jangan senang dulu, pertanyaan ini bukan berarti kita pasti akan di terima untuk bergabung dan langsung bekerja. Walaupun begitu tetap berikan jawaban yang pasti dan tegas kapan bisa mulai bekerja di perusahaan tersebut.

Jika memang tidak memiliki kesibukan lain dan sudah siap untuk bergabung di perusahaan tersebut, tidak ada salahnya jika menjawab kapanpun siap untuk mulai bekerja.

Ketika sesi interview akan selesai, jangan lupa untuk bertanya mengenai kapan pengumuman hasil interview dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Tags: , ,