5 Persiapan Sebelum Menghadapi Walk in Interview Kerja

5 Persiapan Sebelum Menghadapi Walk in Interview Kerja

Walk in interview mungkin tidak asing bagi pencari kerja, walk in interview adalah sistem interview kerja yang dilaksanakan secara langsung tanpa perlu menunggu panggilan kerja. Oleh karena itu para pelamar kerja yang ingin mengikuti walk in interview sebaiknya memiliki kesiapan yang maksimal, berikut adalah 5 persiapan sebelum menghadapi walk in interview kerja agar interview kerja lancar tanpa hambatan.

5 Persiapan Sebelum Menghadapi Walk in Interview Kerja

1. Cek Informasi Lowongan Kerja
Setelah mendapatkan informasi mengenai walk in interview sebaiknya periksa secara detail mengenai lowongan kerja tersebut.




Periksa background perusahaan serta posisi apa yang dibutuhkan, jangan lupa juga berapa gaji yang ditawarkan dan penempatan kerja.

Sangat penting untuk mempelajari latar belakang perusahaan sebelum mengikuti walk in interview, jangan sampai salah pilih sehingga hanya buang-buang waktu dan tenaga.

2. Siapkan CV dan Dokumen Pendukung
Siapkan CV atau resume yang tersusun dengan rapi, dan masukkan dokumen tersebut ke dalam map. Jangan lupa juga dokumen pendukung seperti fotokopi identitas atau data diri, ijazah, surat referensi kerja di tempat sebelumnya, dan beberapa pas foto.

Buatlah CV atau resume yang menarik dan rapi, sebaiknya buat CV yang diketik bukan ditulis tangan. Silahkan baca Membuat Resume atau CV yang menarik.

3. Penampilan
Penampilan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesan pertama pewawancara, gunakan pakaian yang sopan serta penampilan yang rapi dan bersih.

Selain pakaian yang rapi dan penampilan bersih, pastikan juga kondisi badan sedang prima, jangan sampai menghadiri interview kerja dengan kondisi yang lemas dan lesu.

Penampilan akan menjadi nilai tambah ketika interview kerja sekaligus dapat menjadi penentu keberhasilan walk in interview kita.

4. Konsumsi
Walk in interview bisa menghabiskan waktu yang cukup lama, karena pasti tidak sedikit peserta yang akan datang untuk ikut walk in interview tersebut.

Karena antrian untuk walk in interview bisa sangat panjang dan lama, ada baiknya untuk membawa konsumsi ringan seperti camilan dan air minum.

5. Alat Tulis
Jangan lupa membawa alat tulis seperti pensil, pulpen, dan penghapus. Membawa alat tulis lengkap untuk berjaga-jaga jika selama proses interview terdapat tahap untuk mengerjakan psikotes atau mengisi administrasi lainnya.

6. Ketepatan Waktu
Karena antrian interview bisa sangat panjang dan lama, sebaiknya datang lebih awal agar mendapat antrian paling depan.

Datang lebih awal juga dapat memberikan kita kesempatan untuk berkonsentrasi, menenangkan diri, serta memeriksa kembali kelengkapan CV serta dokumen yang dibawa.