Perbedaan Arabika dan Robusta Karena Kopi Tidak Selalu Pahit

Perbedaan Arabika dan Robusta Karena Kopi Tidak Selalu Pahit




Perbedaan arabika dan robusta karena kopi tidak selalu pahit – Kopi.. minuman satu ini sangat akrab di semua kalangan masyarakat Indonesia karena di Indonesia pun termasuk salah satu penghasil kopi terbaik. Tapi apakah selama ini kita mengetahui jenis-jenis kopi ??, walaupun Indonesia termasuk penghasil kopi terbaik, nyatanya masih hanya segelintir golongan atau beberapa kelompok masyarakat saja yang mengetahui tentang kopi ini. Sebagian lagi hanya mengetahui bahwa kopi adalah minuman yang pahit dan harus ditambah dengan gula.

Kopi umumnya memiliki 3 jenis varian yaitu arabika, robusta, dan liberika, namun mayoritas kopi di dunia yang paling banyak tersebar dan dinikmati hanyalah arabika dan robusta. Baiklah.. berikut info singkat mengenai perbedaan arabika dan robusta karena kopi tidak selalu pahit dan sebaiknya dinikmati tanpa gula.

Perbedaan Arabika dan Robusta Karena Kopi Tidak Selalu Pahit

Perbedaan Bentuk Biji Kopi Arabika dan Robusta
Kita dapat mengetahui perbedaan dari bentuk biji kopi antara arabika dan robusta. Biji kopi arabika berbentuk lonjong atau oval sedangkan biji kopi robusta cenderung berbentuk bulat.

Perbedaan Rasa Kopi Arabika dan Robusta
Kopi sangat identik dengan rasa pahit, namun jika diolah dengan baik kopi dapat menghasilkan rasa yang unik. Untuk kopi arabika cenderung memiliki rasa yang fruity, floral, dan acid atau acidity (asam). Sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang tidak sebanyak arabika, kopi robusta umumnya hanya memiliki rasa kacang-kacangan atau nutty.

Tempat Penanaman
Kopi arabika akan tumbuh dengan baik di ketinggian minimal 700+mdpl, sedangkan robusta dapat tumbuh di dataran yang lebih rendah bahkan dibawah 700mdpl.

Kadar Kafein Antara Arabika dan Robusta
Kopi arabika memiliki kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta, kopi arabika memiliki 1.2% kadar kafein sedangkan kopi robusta 2.2% kadar kafein.

Harga
Karena penanaman kopi arabika tidak semudah kopi robusta tentu kopi arabika memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan robusta. Kopi arabika pun lebih diminati di pasaran dunia jika dibandingkan dengan kopi robusta, namun hal ini tidak menghilangkan pamor dari kopi robusta karena di Indonesia sendiri termasuk sebagai negara penghasil dan penikmat kopi robusta.


5 poin diatas merupakan beberapa perbedaan antara kopi arabika dan robusta pada umumnya, namun entah arabika atau robusta semua kembali kepada selera masing-masing orang karena selera tidak dapat diperdebatkan dan karena kopi untuk dinikmati bukan diperdebatkan.