Perbedaan Antara WordPress dan Blogger Serta Mana Yang Lebih Baik

Perbedaan Antara WordPress dan Blogger Serta Mana Yang Lebih Baik




Apa perbedaan antara WordPress dan Blogger serta mana yang lebih baik ??, setelah beberapa bulan menggunakan WordPress dan Blogger, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang besar dalam beberapa fitur dan pemakaiannya. Walaupun terdapat perbedaan yang besar, namun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai fasilitas untuk blogging ataupun membangun website.

WordPress yang ada dalam pembahasan ini BUKAN wordpress.com melainkan wordpress.org atau WordPress Self Hosted (Sedikit info tambahan silahkan baca Belajar WordPress dan Menggunakan WordPress)

Perbedaan Antara WordPress dan Blogger Serta Mana Yang Lebih Baik

Tampilan / Tema

Blogger memiliki tema standar atau tema asli dari Blogger itu sendiri tapi tampilan kurang menarik, dan walaupun bisa dirubah tetap saja tidak bisa melakukan banyak perubahan. Terdapat banyak tema Blogger yang bisa didownload diluar Blogger tapi kualitas kurang bagus.

WordPress dari segi tema memiliki banyak jenis tampilan, dan tampilan tema yang tidak membosankan. WordPress mempersilahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi pada tema yang sudah ada dengan hanya sedikit batasan, bahkan pengguna juga dipersilahkan apabila ingin membuat tema sendiri. Tema yang dibuat sendiri bisa dengan mudah di upload dan langsung digunakan, juga bisa dipublikasikan dengan tujuan komersil ataupun untuk free download.

Kemudahan

Seperti poin sebelumnya, WordPress kurang cocok bagi yang baru mengenal dunia blogging atau website. Dengan fitur WordPress yang banyak tentu saja disarankan untuk memahami HTML, CSS, dan PHP apabila ingin melakukan kustomisasi. Tentu tidak perlu sampai expert dan tidak diwajibkan, hanya untuk memudahkan agar tidak bingung menggunakan WordPress.

Blogger memiliki User Interface yang ramah dan tidak rumit, sangat cocok untuk memulai blogging dengan tanpa pengalaman sebelumnya. Fitur Blogger sangat mudah dipahami, serta tidak perlu membayar untuk domain ataupun hosting. Blogger juga tetap bisa menggunakan domain sendiri atau biasanya disebut Top Level Domain, jadi tidak perlu ada tambahan .blogspot lagi.

Plugin

Dalam hal ini Blogger masih ketinggalan jauh dari WordPress, Blogger memiliki plugin yang kurang variatif, baik plugin dari Blogger sendiri ataupun dari developer lain. WordPress memiliki banyak plugin dengan banyak kegunaan serta yang terpenting para developer diluar WordPress masih rajin melakukan update untuk plugin yang mereka buat, sehingga tidak perlu khawatir plugin akan kadaluarsa / tidak kompatibel dengan versi WordPress yang terbaru.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara Blogger dan WordPress, memang mungkin sepertinya WordPress lebih baik dari Blogger, tapi Blogger sendiri sangat baik untuk permulaan apabila ingin mengenal blogging ataupun website. WordPress sangat cocok bagi yang ingin lebih serius lagi, karena sedikitnya batasan dari WordPress kita bisa melakukan banyak perubahan atau editing khususnya untuk tampilan tema dari wordpress.