Penyebab Smartphone Android Cepat Panas

Penyebab Smartphone Android Cepat Panas




Smartphone android cepat panas ??, segera kenali beberapa penyebab smartphone android cepat panas agar tidak mengalami overheat yang justru akan merusak komponen lain yang terdapat pada smartphone tersebut.

Sebagai pengguna smartphone android seringkali tidak memperhatikan hal sepele berikut ini yang bisa membuat smartphone android menjadi cepat panas, hal ini karena banyaknya fungsi dan manfaat smartphone yang bisa sangat membantu dalam berbagai macam kegiatan sehingga membuat sebagian besar orang tidak bisa lepas dengan smartphone mereka.

Penyebab Smartphone Android Cepat Panas

Penyimpanan
Selalu perhatikan bagaimana smartphone disimpan, sebaiknya jangan ditempatkan dalam saku karena selain smartphone akan tertindih, sirkulasi udara juga akan sangat minim sehingga membuat smartphone mudah panas. Jangan biarkan smartphone terpapar sinar matahari, simpan smartphone didalam tas untuk mengurangi resiko smartphone menjadi cepat panas yang disebabkan oleh faktor eksternal tersebut.

Cover Handphone
Cover handphone memang akan melindungi smartphone dari benturan atau goresan, namun menggunakan cover pada smartphone juga memiliki resiko yang membuat smartphone akan lebih cepat panas karena tidak terdapat sirkulasi udara secara langsung ke smartphone yang digunakan. Selalu gunakan cover handphone dengan kualitas yang bagus, serta sesekali buka cover untuk membersihkan smartphone dari debu yang terperangkap didalam cover handphone.

Konektivitas
Smartphone secara otomatis akan terus mencari sinyal, oleh karena itu apabila berada di area yang memang sangat susah untuk mencari sinyal sebaiknya nyalakan Airplane Mode agar smartphone tidak cepat panas karena terus menerus mencari sinyal di area yang sangat susah untuk jangkauan sinyal. Selalu nonaktifkan bluetooth apabila sedang tidak digunakan dan juga nonaktifkan wifi apabila sedang tidak terhubung atau sedang tidak berada di area yang menyediakan sambungan wifi.

Auto Update
Fitur auto update akan otomatis melakukan berbagai macam update pada aplikasi yang terinstall serta OS smartphone, oleh karena itu lebih baik untuk menonaktifkan fitur auto update ini agar tidak melakukan update secara otomatis. Menonaktifkan fitur auto update juga akan membantu untuk menghemat pemakaian data internet serta menghemat kapasitas memory, dan yang terpenting agar mencegah smartphone menjadi cepat panas karena melakukan update secara otomatis.

Baterai
Perhatikan juga kualitas baterai, karena baterai juga sebenarnya memiliki masa daya tahan. Apabila baterai memang sudah menurun kualitasnya sebaiknya segera ganti dengan unit baterai yang baru agar tidak mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lain. Hindari kebiasaan menggunakan smartphone pada saat sedang melakukan isi ulang baterai, selain akan mengakibatkan kualitas baterai cepat menurun kebiasaan ini juga akan mengakibatkan smartphone menjadi lebih mudah panas.

Spesifikasi
Setiap smartphone tentu memiliki spesifikasi yang berbeda, smartphone yang memiliki kapasitas ram yang kecil tentu akan cepat panas apabila terlalu berlebihan menjalankan aplikasi. Setiap prosessor dari suatu smartphone juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu selalu gunakan smartphone berdasarkan spesifikasi yang tersedia. Sebaiknya jangan memaksa smartphone untuk bekerja terlalu keras, karena apabila spesifikasi yang dimiliki tidak terlalu bagus akan membuat smartphone menjadi cepat panas jika selalu dipaksa bekerja keras.