5 Penyebab Laptop Cepat Rusak Atau Tidak Awet

5 Penyebab Laptop Cepat Rusak Atau Tidak Awet

Laptop memang memiliki kelebihan dibanding dengan PC, karena laptop sangat mudah dan fleksibel untuk dibawa kemana saja. Sebagian besar orang juga lebih memilih menggunakan laptop untuk menunjang pekerjaan mereka ketimbang menggunakan PC, namun seringkali pengguna laptop tidak menyadari 5 penyebab laptop cepat rusak atau tidak awet yang membuat umur laptop tidak lama.

5 Penyebab Laptop Cepat Rusak Atau Tidak Awet

1. Menggunakan Laptop Secara Berlebihan
Laptop memang sangat mudah untuk digunakan kapanpun dan dimanapun, namun jangan lupa jika laptop dirancang bukan untuk pemakaian yang terus menerus atau dalam jangka waktu yang lama seperti PC.




Mungkin memang jika spesifikasi laptop yang dimiliki sangat tinggi akan sanggup untuk digunakan secara terus menerus, namun hal ini tetap tidak disarankan karena sebaiknya menggunakan PC jika memang harus menggunakan untuk jangka waktu yang lama.

2. Laptop Sering Terkena Guncangan Atau Terbentur
Laptop memang sangat ringkas dan cenderung ringan, dan karena hal itu juga pengguna laptop sering ceroboh sehingga laptop terbentur atau terkena guncangan bahkan hingga jatuh.

Guncangan pada laptop akan membuat perangkat keras seperti hardisk serta lcd pada laptop rusak, dan akan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Pengguna laptop juga sering asal-asalan ketika menyimpan laptop mereka, hal yang paling sering dilakukan adalah membebani laptop dengan barang lain sehingga lcd akan terkena beban yang tentu akan membuat lcd pada laptop cepat rusak.

3. Tidak Memperdulikan Suhu Processor Laptop
Sering menggunakan laptop hingga suhunya sangat panas adalah penyebab utama laptop cepat rusak dan tidak awet, info lebih lanjut silahkan baca Penyebab Laptop Atau Komputer Menjadi Lemot dan Cepat Panas.

Jika membiarkan suhu laptop terlalu panas akan banyak efek samping yang terjadi pada laptop kita, seperti mati secara tiba-tiba, laptop restart dengan sendirinya, dan kinerja laptop menjadi sangat lamban atau lemot.

4. Memaksa Laptop Membuka Aplikasi Yang Berat
Laptop juga memiliki spesifikasi untuk masing-masing tipe yang disesuaikan dengan harganya juga, oleh karena itu jangan paksakan laptop untuk membuka atau menjalankan program yang terlalu berat.

Menjalankan program atau aplikasi yang berat juga menjadi penyebab suhu laptop cepat panas yang pasti juga akan mempengaruhi umur si laptop itu sendiri.

5. Membiarkan Laptop Berdebu dan Kotor
Penyebab lain laptop cepat panas dan tidak awet serta cepat rusak adalah banyaknya debu serta kotoran yang terdapat pada laptop tersebut.

Memang pengguna laptop jarang memperhatikan hal ini, karena laptop dapat dibawa kemanapun dan dapat digunakan kapanpun membuat laptop sangat mudah untuk berdebu dan terkena kotoran.

Debu atau kotoran yang menempel pada laptop akan menghambat sirkulasi udara yang akan membantu untuk mendinginkan laptop, sehingga suhu pada laptop juga akan cepat naik dan panas.