5 Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas Saat Digunakan

5 Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas Saat Digunakan

Laptop atau komputer sangat berguna untuk membantu pekerjaan kita, kemajuan teknologi membuat laptop atau komputer berkembang menjadi perangkat yang semakin canggih.

Namun semahal apapun perangkat yang dibeli tetap tidak akan awet jika kita tidak merawatnya dengan baik, masalah yang paling umum terjadi adalah perangkat laptop atau komputer menjadi lemot dan cepat panas.




Lalu apa saja yang menyebabkan laptop menjadi lemot dan panas, berikut adalah 5 penyebab laptop lemot dan cepat panas saat digunakan yang sebaiknya kita pahami.

5 Penyebab Laptop Lemot dan Cepat Panas Saat Digunakan

1. Virus Atau Malware

Virus atau malware merupakan salah satu permasalahan yang terdapat pada komputer atau laptop, virus atau malware sering tersebar ketika sedang membuka website yang kurang sehat serta dari berbagai file yang telah di download atau di transfer.

Virus atau malware akan membuat perangkat laptop atau komputer kita bekerja lebih keras, sehingga perangkat kita akan menjadi lemot dan cepat panas.

2. Program Yang Berjalan Ketika Start

Disebut juga startup programs, atau program yang langsung berjalan ketika perangkat baru dinyalakan. Semakin banyak startup program semakin keras juga perangkat laptop atau komputer kita bekerja, sehingga suhu pada laptop atau komputer kita akan cepat naik.

3. RAM

Random Access Memory atau RAM merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja laptop atau komputer, semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula kinerja laptop dan begitu juga sebaliknya.

Menjalankan program yang berat dan banyak dalam satu waktu sekaligus akan membuat perangkat laptop atau komputer menjadi lemot jika kapasitas RAM tidak mumpuni.

4. Kapasitas Memory

Kapasitas memory pada perangkat laptop atau komputer juga harus diperhatikan, semakin sedikit sisa memory akan semakin lemot dan membuat perangkat kita bekerja ekstra keras ketika menjalankan suatu program.

Sebaiknya segera uninstall program yang sudah tidak diperlukan lagi, untuk memberi ruang lebih di kapasitas penyimpanan laptop kita.

5. Debu dan Kotoran

Ini adalah salah satu penyebab yang sering dianggap remeh, karena intensitas pemakaian yang tinggi kita sering tidak peduli terhadap kebersihan perangkat kita.

Debu serta kotoran yang menempel seiring dengan pemakaian akan membuat perangkat laptop atau komputer kita cepat panas, karena debu serta kotoran yang menempel dapat membuat sirkulasi angin atau udara akan terhambat dan akhirnya suhu pada perangkat akan cepat naik.



Jangan lupa untuk selalu merawat laptop kita jika ingin laptop tersebut awet dan tahan lama, melakukan perawatan dengan baik akan menjadi tindakan pencegahan agar laptop tidak cepat rusak.

Tags: , , ,