Menghemat Pemakaian Baterai dan Kapasitas Memory di Gadget Android

Menghemat Pemakaian Baterai dan Kapasitas Memory di Gadget Android




Sebagian besar dari para pengguna android seringkali tidak puas dengan ketahanan baterai yang cepat terkuras serta kinerja gadget android yang dimiliki mulai ‘lelet’, hal ini membuat para pengguna android terburu-buru untuk langsung mengganti gadget android mereka dengan tipe yang terbaru. Sebaiknya lakukan tips menghemat baterai android berikut ini untuk menghemat pemakaian baterai dan kapasitas memory di gadget android yang dimiliki, sebelum salah mengambil keputusan untuk mengganti gadget lama dengan yang baru.

Menghemat Pemakaian Baterai dan Kapasitas Memory di Gadget Android

Hapus Cached Data
Cached Data merupakan data sementara ‘temporary’ yang disimpan dalam internal memory, tentu apabila cached data ini sangat besar akan membuat kapasitas memory internal penuh dan membuat kinerja semakin lamban hingga akhirnya berpengaruh pada ketahanan baterai. Untuk menghapus cached data bisa masuk melalui settings – storage – pilih cached data.

Matikan Automatic Brightness
Automatic Brightness membuat sensor di gadget terus berjalan, sehingga membuat baterai bekerja extra. Matikan automatic brightness untuk menghemat baterai, masuk settings – display – dan pilih brightness .

Matikan Heptic Feedback dan Sound Effect
Dengan menggunakan heptic feedback dan sound effect juga akan menguras tenaga baterai, pilih menu settings – sound dan minimalkan penggunaan sound effect serta efek getar pada gadget.

Menghentikan Aplikasi Yang Sedang Running

Menghemat Pemakaian Baterai dan Kapasitas Memory di Gadget Android

Walaupun tidak dibuka ada beberapa aplikasi yang running di background, inilah salah satu penyebab ram gadget terkuras sehingga mengakibatkan kinerja gadget menjadi ‘lelet’ serta cepatnya tenaga baterai terkuras. Untuk menggunakan fitur ini masuk ke settings – apps – pilih menu running dan pilih aplikasi mana yang akan di stop.

Aktifkan Airplane Mode
Dengan mengaktifkan Airplane Mode, gadget akan secara drastis memutus semua koneksi data, hal ini tentu akan membuat kapasitas baterai tidak terkuras dengan cepat. Mengaktifkan Airplane Mode juga akan menghentikan semua aplikasi yang membutuhkan koneksi data, sehingga akan membuat kapasitas ram terjaga.

Gunakan Fitur Battery Saver
Fitur ini yang paling penting untuk menghemat baterai, battery saver juga bisa aktif apabila kapasitas baterai menyentuh kurang lebih 15%. Masuk menu settings – battery,
pada fitur ini juga dapat menghentikan aplikasi yang running di background dengan memilih battery usage lalu pilih aplikasi mana yang ingin di stop agar tidak tetap running.

Dari beberapa fitur diatas, jangan lupa untuk tidak menggunakan gadget secara intens ketika sedang dicharge. Matikan beberapa waktu apabila memang gadget sedang tidak terlalu dibutuhkan, agar tidak berlebihan dalam penggunaan baterai. Selalu atur aplikasi yang sudah diinstall, apabila memang sudah tidak digunakan lebih baik segera uninstall aplikasi tersebut agar tidak menguras kapasitas memory.