5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Pernah mengalami lemot pada laptop ketika membuka serta menjalankan suatu program ??, hal tersebut pasti sangat menyebalkan.

Terdapat beberapa penyebab laptop menjadi lemot serta lelet, mulai dari terlalu banyak “Junk Files”, bagian hardware yang memang sudah tidak mumpuni, bahkan hingga virus yang menyerang laptop kita.




Untuk mengatasi kinerja laptop yang menurun, bisa mencoba 5 langkah mempercepat kinerja laptop berikut ini.

5 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

1. Uninstall Program Yang Tidak Penting Atau Tidak Digunakan Lagi

Salah satu hal yang paling jarang diperhatikan oleh pengguna laptop adalah program apa sajakah yang sudah ter-install di perangkat mereka.

Semakin banyak program pasti akan semakin banyak space memory yang digunakan, sebaiknya segera sortir program apa sajakah yang memang sudah tidak digunakan lagi dan sebaiknya untuk di uninstall.

Gunakan Revo Uninstaller untuk uninstall program hingga ke akar-akarnya, sehingga space memory akan lebih lega ketimbang ketika kita uninstall program dengan cara yang biasa atau umum.

2. Lakukan Disk Cleanup Serta Defragment

Lakukan “perawatan” pada file di komputer atau laptop dengan rutin melakukan disk cleanup, melakukan disk cleanup dapat membersihkan junk files bahkan hingga file yang berada di recycle bin.

Ketik Windows + S lalu ketik Disk Cleanup, atau masuk File Explorer lalu pilih Local Disk (C:) – klik kanan dan pilih Properties lalu pilih Disk Cleanup.

Selain disk cleanup lakukan juga defragment pada perangkat kita, defragment berfungsi untuk menata ulang data yang ter-fragment. Untuk melakukan defragment ketik Windows + S lalu ketik Defragment, atau masuk File Explorer lalu pilih Local Disk (C:) – klik kanan dan pilih Properties lalu pilih tab Tools dan pilih Optimize and defragment drive.

3. Upgrade RAM Atau Hard Disk

Cara ini memang akan menambah pengeluaran kantong kita, namun jika perangkat kita masih layak untuk di upgrade tidak ada salahnya menyisihkan budget untuk membeli RAM yang lebih besar.

Mengganti RAM yang lebih besar dapat mempercepat kinerja laptop ketika menjalankan banyak program sekaligus. Selain RAM bisa juga mengganti hard disk apabila memang kapasitas hard disk sudah mulai menipis, jika memiliki budget yang lebih banyak bisa juga ganti dengan SSD untuk memperlancar kinerja laptop atau komputer kita.

4. Pasang Antivirus

Install antivirus karena salah satu hal yang dapat menghambat kinerja laptop kita adalah virus atau malware. Pilih antivirus yang tepat seperti Smadav karena Smadav memiliki fitur yang lumayan walaupun kita menggunakan versi gratisnya.

Untuk download antivirus Smadav bisa kunjungi situs resminya Disini.

5. Disable Program Ketika Startup

Langkah alternatif lain agar kinerja laptop lebih cepat adalah untuk menonaktifkan program ketika startup. Ketik ctrl + alt + del untuk membuka Task Manager lalu pilih tab Startup dan pilih program mana yang akan dinonaktifkan ketika startup.

Pilih program yang memiliki Startup impact medium atau high dan klik kanan lalu pilih Disable untuk menonaktifkan program tersebut. Nah, dengan begitu laptop akan lebih cepat proses startup nya.

Tags: , ,