Melindungi Informasi Pribadi Atau Data Diri Dari Ancaman Bahaya di Internet

Melindungi Informasi Pribadi Atau Data Diri Dari Ancaman Bahaya di Internet




Aktif menggunakan internet seringkali membuat kita lupa tentang bahaya tersebarnya data diri serta informasi pribadi yang telah kita input setiap kali mendaftar atau menggunakan platform online di internet, mulai dari nama, nomor telepon, bahkan nomor rekening bank atau kartu kredit. Melindungi informasi pribadi atau data diri dari ancaman bahaya di internet sangat penting, terutama jika kita sangat aktif menggunakan internet serta berbagai macam platform lainnya yang bersifat online.

Bahaya yang sering terjadi adalah data diri serta informasi penting kita bocor dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, biasanya mereka disebut hacker atau peretas. Oleh karena itu, menjelajahi internet harus berhati-hati serta lakukan berbagai macam antisipasi pencegahaan agar tetap aman saat sedang menjelajahi internet.

Melindungi Informasi Pribadi Atau Data Diri Dari Ancaman Bahaya di Internet

Gunakan Password Yang Unik
Selalu gunakan password yang berbeda di setiap akun online yang dimiliki adalah hal yang sangat penting dan wajib dilakukan, agar password akun satu dan lainnya tidak mudah ditebak. Gunakan juga kombinasi angka, tanda baca, dan huruf kapital di password yang dibuat karena semakin rumit password yang dibuat akan semakin baik untuk pencegahan resiko akun dibobol oleh para hacker yang bisa mencuri data dan informasi pribadi kita.

Keamanan Transaksi Online
Bagi yang suka melakukan transaksi online dengan menggunakan internet banking atau mobile banking, password merupakan hal yang wajib diperhatikan. Selain menggunakan password yang unik, sebaiknya juga konsisten untuk selalu mengganti password internet banking maupun mobile banking kita secara berkala. Setelah selesai melakukan transaksi jangan lupa segera hapus Browser History serta Clear Cache untuk menghapus semua jejak di perangkat kita agar mencegah bocornya informasi keuangan online kita.

Jangan Asal Buka Website
Hindari sembarangan membuka website seperti website pornografi, perjudian, serta website yang menyediakan download software gratis karena beberapa website tersebut memiliki berbagai macam jenis malware, yang apabila dibuka akan otomatis melakukan install program yang berbahaya di perangkat kita. Ketika virus tersebut berhasil masuk di perangkat yang digunakan, pasti akan merusak beberapa sistem perangkat kita bahkan hingga mencuri berbagai data pribadi yang tersimpan di perangkat yang digunakan.

Jangan Asal Install Software
Seperti halnya membuka website, melakukan install software juga sebaiknya jangan sembarangan. Pastikan software yang akan dipasang benar-benar didapat dari website resmi software tersebut, bukan berasal dari website download software bajakan atau gratisan. Hal ini juga untuk menghindari resiko perangkat terkena malware yang berbahaya bagi data di perangkat serta informasi pribadi kita.

Pengaturan di Media Sosial
Selalu perhatikan pengaturan di setiap media sosial yang digunakan, untuk memastikan data diri yang telah dimasukkan di media sosial tersebut benar-benar aman dan tidak sembarang orang bisa melihatnya. Pengaturan Privacy di media sosial sangat penting agar kita bisa membatasi dan mengatur siapa saja yang bisa melihat informasi pribadi kita.

Gunakan Software Untuk Keamanan Perangkat
Antivirus memang tidak akan benar-benar melindungi perangkat kita, namun tidak ada salahnya untuk install dan gunakan software antivirus sebagai pencegahan. Gunakan antivirus yang baik, serta apabila perlu gunakan antivirus yang berbayar untuk pencegahan yang maksimal.