Efek Negatif Berkomunikasi Menggunakan Group Chat di Dunia Kerja

Efek Negatif Berkomunikasi Menggunakan Group Chat di Dunia Kerja




Komunikasi memang sangat penting di dunia kerja, karena akan sangat membantu dalam mendapatkan informasi atau update terbaru mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan, seiring dengan banyaknya aplikasi chat yang tersedia membuat komunikasi lebih mudah dengan membentuk suatu group chat yang beranggotakan para pegawai dari suatu perusahaan. Hal ini sangat baik untuk membangun sistem komunikasi antar anggota, namun pasti ada juga efek negatif berkomunikasi menggunakan group chat di dunia kerja yang tentu sangat mengganggu dan tidak baik untuk dilanjutkan.

Efek Negatif Berkomunikasi Menggunakan Group Chat di Dunia Kerja

Terjadi Obrolan Yang Tidak Penting
Hal ini pasti sering terjadi dalam obrolan di group chat, namun apabila group chat yang awalnya dibentuk untuk membahas masalah pekerjaan tiba-tiba terjadi atau muncul obrolan yang mulai tidak penting tentu akan sangat mengganggu, karena notifikasi yang sering muncul ketika ada chat masuk di group akan sangat buang waktu untuk memeriksa notifikasi yang ternyata isinya hanya obrolan yang tidak berguna. Hal yang tidak profesional ini sebaiknya dihindari, karena akan menghilangkan informasi penting sebelumnya yang tertutupi oleh berbagai obrolan yang tidak penting tersebut.

Kesalahan Yang Sering Tersebar di Group Chat
Group chat di dunia kerja pasti ada atasan yang menjadi anggota group tersebut sehingga seringkali ketika ada bawahan yang melakukan kesalahan akan di share dan ditegur di group tersebut, sehingga berdampak negatif karena kesalahan di tempat kerja akan diketahui rekan kerja yang lain. Sebenarnya hal semacam itu bukanlah sikap yang bijak dari seorang atasan karena hal tersebut sama saja dengan mempermalukan bawahan di depan rekan kerja yang lain.

Muncul Rekan Kerja Yang Memiliki Sikap Suka Cari Muka
Karena ada atasan yang juga menjadi anggota group chat tersebut, tidak menutup kemungkinan akan muncul rekan kerja yang suka ‘cari muka’ dengan cara selalu share update apa yang telah dikerjakan dan bahkan juga ikut campur menegur atau mencela rekan kerja lain yang membuat kesalahan. Sikap semacam ini bukanlah sikap yang profesional, karena setiap posisi di suatu perusahaan pasti memiliki porsi masing-masing untuk menilai kinerja orang lain.

Kesimpulan
Gunakan dan manfaatkan group chat sebaik mungkin untuk berkomunikasi di dunia kerja, walaupun hanya sebatas chatting tetap jaga tutur kata dengan baik dan pantas agar dapat menjaga hubungan baik antar rekan kerja. Berkomunikasi dengan efektif dan relevan dengan pekerjaan tentu akan membuat pekerjaan terasa lebih mudah, oleh karena itu hindari obrolan yang tidak berguna ketika menggunakan group chat yang memang difungsikan untuk pekerjaan.