Dampak Buruk Media Sosial Khususnya Bagi Perkembangan Mental Anak

Dampak Buruk Media Sosial Khususnya Bagi Perkembangan Mental Anak




Media sosial merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang tidak bisa lepas dari keseharian kita, saat ini mulai dari orang dewasa bahkan hingga anak-anak memiliki media sosial dengan berbagai maksud dan tujuan. Sebagian memiliki media sosial untuk berbisnis dan sebagian hanya sebatas untuk gaya hidup yang mengikuti tren, media sosial memang memiliki manfaat jika digunakan dengan benar. Sebaliknya, media sosial juga memiliki berbagai macam dampak buruk yang nyata dan saat ini sedang terjadi, berikut ini beberapa dampak buruk media sosial khususnya bagi perkembangan mental anak yang juga sangat mengkhawatirkan.

Dampak Buruk Media Sosial Khususnya Bagi Perkembangan Mental Anak

Cyber Bullying
Bagi para pengguna media sosial pasti sering mengunggah berbagai macam kegiatan mereka di media sosial, mulai dari kegiatan yang bersifat umum bahkan kegiatan pribadi. Tidak jarang para pengguna media sosial justru dicemooh oleh pengguna lainnya karena konten yang mereka unggah, hal ini sangat mungkin untuk terjadinya cyber bullying dan apabila terjadi pada anak-anak pasti akan berakibat buruk pada perkembangan mental si anak tersebut.

Tidak Terbiasa Bersosialisasi di Dunia Nyata
Karena terbiasa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan orang lain di dunia maya, membuat para pengguna media sosial yang sudah terlanjur kecanduan akan kesulitan ketika bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata. Bagi anak-anak yang seharusnya dilatih untuk bersosialisasi dengan orang lain, tentu hal ini juga akan memberikan dampak yang buruk pada perkembangan mental si anak dalam hal komunikasi dan sosialisasi dengan orang lain.

Ketergantungan Menggunakan Gadget
Kecanduan merupakan dampak utama apabila sudah terlampau sering menggunakan media sosial, kecanduan menggunakan media sosial juga akan membuat si pengguna media sosial tersebut menjadi ketergantungan menggunakan gadget yang merupakan fasilitas untuk menggunakan media sosial, dan bagi anak-anak tentu bukanlah hal yang baik apabila di usia dini sudah menggunakan gadget dengan intensitas yang tinggi.

Tidak Peduli Dengan Lingkungan Sekitar
Sebagai contoh ketika terjadi kecelakaan atau musibah lain disekitar kita, yang sering dilakukan para pecandu media sosial adalah mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya di media sosial mereka. Sikap seperti ini merupakan dampak buruk dari media sosial yang memang nyata terjadi, serta bukanlah contoh sikap yang baik bagi anak-anak.


Masih banyak dampak buruk lain akibat dari media sosial yang memang sudah sangat mengkhawatirkan, mulai dari provokasi hingga saling caci maki melalui media sosial. Bagi para orangtua sebaiknya benar-benar mengawasi perkembangan anak agar tidak terkena dampak buruk dari media sosial, dan berbagai dampak buruk lainnya dari perkembangan teknologi yang semakin pesat.