5 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

5 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Laptop sangat membantu kegiatan kita karena fungsinya yang sangat banyak dan berguna, mulai dari sebagai perangkat yang membantu pekerjaan kita, sampai sebagai perangkat multimedia.

Seiring dengan tingginya intensitas pemakaian laptop, tentu kita harus memperhatikan perawatan rutin perangkat laptop kita.




Berikut tips merawat laptop dan 5 cara merawat laptop agar tetap awet serta terjaga kinerjanya.

5 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

1. Selalu Perhatikan Suhu Perangkat Laptop

Pada umumnya laptop tidak memiliki hardware yang bisa dibuat untuk “kerja keras” oleh karena itu suhu laptop bisa menjadi sangat panas.

Agar tidak terjadi overheat pada laptop kita, pastikan laptop mendapat asupan udara yang cukup.

Tambahkan kipas pendingin dibagian bawah laptop atau keyboard dan lebih baik jangan memberikan cover atau penutup yang tidak terdapat lubang untuk sirkulasi udara diatas keyboard.

2. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Karena laptop dapat lebih fleksibel pemakaiannya jika dibandingkan dengan komputer atau PC, seringkali kita menggunakan laptop di tempat yang kurang bersih dan berdebu.

Jangan anggap remeh debu karena debu juga dapat menghalangi sirkulasi udara pada perangkat laptop kita, bersihkan laptop secara rutin agar debu tidak menumpuk pada laptop kita.

Gunakan peralatan yang memang difungsikan untuk membersihkan laptop, jangan sembarangan menggunakan alat untuk membersihkan karena dapat merusak perangkat yang terdapat pada laptop tersebut.

3. Defrag Laptop Secara Rutin

Lakukan defrag setidaknya seminggu sekali agar perangkat komputer atau laptop tetap terjaga kinerjanya.

Fungsi defragment adalah untuk mengatur file yang terdapat di hardisk, sehingga file tersebut tidak berantakan.

Lalu untuk membersihkan file sampah di laptop, lakukan juga “disk cleanup” yang berfungsi untuk menghapus berbagai junk file yang terdapat pada laptop kita.

Jika sistem penyimpanan laptop bersih dan rapi, kinerja laptop akan menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

4. Selalu Update Antivirus

Menggunakan antivirus yang terbaru juga penting dan lakukan scan perangkat secara rutin menggunakan antivirus tersebut karena dapat membantu laptop agar tetap ‘bersih’ dari berbagai macam virus.

Beberapa virus atau malware dapat menyerang software laptop tanpa kita ketahui, oleh karena itu peran antivirus cukup penting untuk menjaga agar sistem pada laptop kita tidak terserang virus atau malware.

5. Uninstall Program Yang Sudah Tidak Dipakai

Segera uninstall program yang memang sudah tidak terpakai agar pemakaian ram laptop tidak berlebihan, karena beberapa program tetap berjalan di background walaupun tidak dibuka sehingga dapat mengakibatkan kinerja laptop menjadi kurang maksimal.

Selain untuk RAM, kapasitas penyimpanan pada laptop pun akan menjadi lebih lega.



Yang terakhir dan yang tidak kalah penting adalah sebaiknya jangan paksa laptop untuk bekerja terlalu keras dan terlalu lama, karena laptop tidak dirancang untuk kegiatan yang terlalu berat seperti bermain game hingga berjam-jam dan kegiatan “berat” lainnya.

Tags: ,