Cara Merawat dan Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet




Beberapa kali sempat heboh dengan berita smartphone meledak dan membuat cidera penggunanya. Penyebab smartphone meledak dapat diakibatkan dari faktor produksi atau bisa juga karena kelalaian penggunanya sendiri. Karena sumber ledakan smartphone adalah baterai, sebaiknya para pengguna smartphone mengetahui cara merawat dan menjaga baterai smartphone agar tetap awet serta agar tidak meledak.

Cara Merawat dan Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Jangan Berlebihan Saat Mengisi Baterai
Smartphone memang sudah memiliki fungsi untuk menghentikan aliran listrik ketika kapasitas baterai sudah mencapai 100%. Tetap saja sebaiknya jangan dibiasakan mengisi baterai smartphone hingga terlalu lama, karena malfungsi juga bisa saja terjadi bahkan hingga menyebabkan smartphone meledak. Kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mengisi baterai hingga semalaman tanpa menghiraukan apakah baterai sudah mencapai 100% atau belum.

Gunakan Baterai dan Charger Yang Original
Selalu gunakan baterai dan charger yang original serta sesuai dengan tipe smartphone yang kita miliki. Setiap smartphone memiliki charger serta baterai bawaan yang sudah disesuaikan kapasitas aliran listriknya. Bukan tidak mungkin fungsi pengisian baterai yang otomatis akan berhenti ketika mencapai 100% terjadi malfungsi karena pemakaian baterai atau charger yang tidak original. Hindari menggunakan baterai atau charger serta aksesoris smartphone lainnya yang tidak original.

Jangan Gunakan Smartphone Saat Sedang Mengisi Baterai
Kebiasaan buruk lainnya dari para pengguna smartphone adalah tetap menggunakan smartphone mereka ketika proses mengisi baterai.
Sangat dianjurkan ketika sedang mengisi baterai smartphone sebaiknya untuk sementara waktu jangan digunakan bahkan akan lebih baik jika dinonaktifkan. Menggunakan smartphone ketika sedang mengisi baterai akan membuat smartphone overheat dan hal ini akan membuat kinerja baterai menurun bahkan rusak. Jika smartphone sering mengalami overheat juga dapat merusak komponen lain di smartphone yang kita miliki.

Letakkan Smartphone di Tempat Yang Sejuk
Yang tidak kalah penting adalah perhatikan cara penyimpanan serta tempat meletakkan smartphone ketika sedang mengisi baterai, karena smartphone juga sensitif terhadap hawa panas. Jangan sering meletakkan smartphone di tempat yang panas jika sedang mengisi baterai, karena penyebab overheat pada smartphone juga dipengaruhi oleh kondisi sekitar. Lepaskan juga hard cover atau soft cover agar smartphone memiliki sirkulasi udara yang baik saat sedang mengisi baterai smartphone, sehingga udara panas tidak akan terjebak di dalam hard cover atau soft cover yang digunakan.