Cara Sederhana dan Ampuh Untuk Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Cara Sederhana dan Ampuh Untuk Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Baterai merupakan salah satu komponen smartphone yang penting dan rentan mengalami kerusakan, karena intensitas pemakaian yang tinggi seringkali kita tidak peduli dengan ketahanan baterai smartphone kita. Lakukan beberapa cara sederhana dan ampuh untuk merawat baterai smartphone agar tetap awet berikut ini.

Cara Sederhana dan Ampuh Untuk Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

1. Selalu Gunakan Charger Asli Atau Original

Agar baterai dapat terjaga dan awet selalu pastikan daya listrik yang masuk sesuai dengan menggunakan charger yang asli atau original. Menggunakan charger yang tidak asli atau tidak original sangat beresiko untuk merusak ketahanan baterai smartphone kita.




2. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Sedang di Charge

Sebaiknya jangan gunakan smartphone ketika sedang di charge, tetap menggunakan smartphone ketika sedang di charge akan membuat baterai smartphone cepat panas.

Kesalahan yang sering dilakukan para pengguna smartphone adalah tetap menggunakan smartphone walaupun sedang di-charge, hal ini akan sangat mempengaruhi ketahanan baterai smartphone kita.

3. Istirahatkan Sejenak Smartphone kita

Sesekali non-aktifkan smartphone agar istirahat total, jangan biasakan smartphone terus menyala tanpa henti agar baterai tidak bekerja terlalu keras.

Apabila memang sedang tidak diperlukan sebaiknya segera non-aktifkan untuk beberapa saat smartphone kita, sehingga baterai smartphone kita juga akan lebih awet.

4. Atur Brightness Layar Smartphone

Jangan gunakan settingan brightness layar smartphone yang terlalu terang untuk mengurangi konsumsi daya baterai, serta jangan gunakan settingan auto lock yang terlalu lama agar layar smartphone tidak terlalu lama menyala ketika sedang tidak digunakan.

5. Perhatikan Masa Pengisian Baterai Smartphone

Selalu perhatikan kapan baterai smartphone harus di-charge dan kapan harus berhenti di-charge. Jangan biasakan charging smartphone ketika kapasitas daya baterai dibawah 10%, serta segera cabut charger ketika kapasitas daya baterai smartphone sudah mencapai 100%.