Membuat Blog Itu Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Membuat Blog Itu Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

bikin blog susah ??, tidak sama sekali, cara membuat blog itu sangat mudah dan cepat tanpa ribet. Tinggal pilih saja mau gratisan atau bayar, saya tidak akan memberi tutorial membuat blog karena kurang telaten kalau harus menyertakan gambarnya.

Sudah banyak juga artikel tutorial yang bertebaran di google, tinggal search kalau mau cari info tutorialnya. Postingan ini berdasarkan opini dan pengalaman pribadi saya ketika membuat blog, bukan tutorial membuat blog atau cara membuat blog.




Baik, lanjut…

1. Free Hosted dan Self-Hosted Blogging Platform

Silahkan baca dulu penjelasan singkat mengenai pengertian web hosting yang sudah saya posting sebelumnya.

Free Hosted
Free hosted adalah hosting gratis, blogger dan wordpress adalah contoh platform blogging yang free hosted. Kenapa free ??, karena semua file blog kita tersimpan di server platform tersebut secara gratis. Kelemahannya adalah pemilik blog tidak bisa mengakses dan memodifikasi file serta data-data blog.

Self-Hosted
Self-hosted berarti kita menggunakan jasa hosting atau penyimpanan data serta file blog atau website kita, sehingga kita bisa dengan mudah mengakses dan memodifikasi file tersebut. Menggunakan self-hosted membutuhkan dana lebih untuk ‘bayar sewa’ jasa hosting.

Jika self-hosted bisa juga menggunakan wordpress, tapi download wordpress di wordpress.org bukan wordpress.com. Gunakan self-hosted hanya kalau benar-benar niat saja ya,, karena biaya modal yang dikeluarkan lumayan juga. Kalau sekedar untuk iseng ngeblog lebih baik pakai yang serba free saja.

2. WordPress Atau Blogger

Kenapa wordpress dan blogger ??, ya karena dua platform tersebut masih sangat populer untuk membuat blog. Jadi tidak perlu bahas platform lain ya, belum coba juga saya. WordPress dan blogger juga sangat sederhana dan mudah untuk membuat blog, tinggal plug n play saja.

Lalu pilih mau pakai wordpress atau blogger, tapi akan ada tambahan .wordpress.com atau .blogspot.com dibelakang alamat blog kecuali kalau mau beli domain sendiri. Antara wordress dan blogger memiliki keunggulannya masing-masing, tapi saya sendiri lebih suka menggunakan wordpress. Pilihan tema di wordpress lebih bagus dan kustomisasi yang fleksibel, serta pilihan plugin yang banyak juga.

3. Menggunakan Top Level Domain

Membuat Blog Itu Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Apakah platform blog yang gratisan atau free hosted bisa menggunakan Top Level Domain ??, jawabannya sangat bisa, sehingga tambahan .wordpress.com dan .blogspot.com nya akan hilang. Banyak tersedia penyedia domain murah, lalu bagaimana caranya menggunakan top level domain untuk free hosted blog ??, tenang saja tidak susah tapi ini bukan tutorial jadi silahkan search di google untuk caranya.

Jika menggunakan free hosted, top level domain itu pilihan, tapi kalau menggunakan self-hosted top level domain juga wajib pakai.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas mengenai self-hosted, menggunakan top level domain pun sebaiknya jika memang benar-benar niat untuk ngeblog saja. Menggunakan TLD juga memiliki beberapa manfaat, monggo silahkan baca manfaat top level domain untuk blog sebelum memutuskan menggunakan TLD untuk blog.

4. Niche Blog

Membuat Blog Itu Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Konsep ,, ya konsep, jangan lupa tentukan konsep blognya seperti apa. Mungkin lebih tepatnya niche blog, hal ini paling sering muncul di tutorial membuat blog lainnya. Niche, niche dan niche..

Apa Itu Niche Blog ??

Bahasa sederhananya adalah TOPIK, di tutorial membuat blog manapun sebagian besar mereka menyebutkan agar membuat blog dengan niche tertentu. Jadi suatu blog memiliki topik yang tertarget sehingga pengunjung blognya pun memiliki segmentasi sendiri-sendiri, ya walaupun banyak juga blog gado-gado seperti blog ini.

Akan sedikit panjang di bagian niche, karena niche bagi saya antara setuju dan tidak setuju, antara bijaksana dan realita. Kenapa begitu ??, karena memang sangat banyak yang memberi tips agar blogger pemula memiliki niche dan bukan blog gado-gado. Namun pada kenyataannya, ada beberapa blog yang awalnya memiliki satu topik saja pada setiap kontennya, pada akhirnya juga konten mereka mulai tercampur dengan “bumbu” lainnya hingga jadilah blog gado-gado.

Tapi lain hal jika kalian membuat blog yang tujuannya untuk bisnis dengan produk tertentu, secara otomatis niche blog kalian pasti akan sejalan dengan produk yang kalian jual. Tapi jika hanya bertujuan untuk tempat menulis, membuat blog gado-gado bukan hal yang haram. Ya memang ada beberapa blogger yang sangat idealis hingga sangat anti dengan blog gado-gado, tapi siapa juga yang tau kalau mereka membangun PBN yang gado-gado juga, siapa tau.

Atau mungkin pada akhirnya mereka menjual produk barang atau jasa yang sesuai dengan niche blog mereka, salah ?? jelas tidak. Apapun itu, Ya entah itu blog gado-gado ataupun dengan niche tertentu semua ada plus minusnya, dan kembali lagi .. semua itu pilihan.

Membuat Blog Itu Mudah dan Cepat Tanpa Ribet

Selanjutnya siapkan cara atau strategi untuk mendapatkan pengunjung blog, SEO atau search engine optimization adalah pengoptimalan di mesin pencarian. Bisa untuk google atau bing, setelah blog jadi langsung cari tutorial agar blog dapat terindeks di mesin pencarian seperti google atau bing.

Caranya juga sangat mudah, kalau pakai wordpress bisa baca cara verifikasi google search console di wordpress dan cara menggunakan google search console, setelah blog terindeks di mesin pencarian kalian bisa gunakan media sosial atau platform medsos lainnya untuk menyebarkan blog kalian. Cara meningkatkan pengunjung blog ini mungkin bisa sedikit memberi informasi.

Kesimpulan

Membuat blog itu tidak susah, jika hanya sekedar membuat blog biasa tidak wajib untuk mengeluarkan uang untuk domain dan hosting. Lain hal jika ingin membuat blog yang lebih serius, selain membutuhkan dana ekstra jika ingin membuat blog yang serius selalu posting konten yang informatif dan bermanfaat untuk memancing minat pembaca.