5 Cara Hidup Hemat Generasi Milenial Agar Bisa Menabung

5 Cara Hidup Hemat Generasi Milenial Agar Bisa Menabung

Memulai gaya hidup hemat memang gampang-gampang susah, hal ini tentu juga dialami oleh generasi milenial. Generasi milenial memang memiliki kecenderungan untuk lebih konsumtif di tengah era digital yang serba mudah dan cepat.

Hidup di jaman serba mudah membuat para generasi milenial seringkali tidak membatasi diri untuk menjalani gaya hidup hemat dan mengatur keuangan dengan baik, padahal menjalani gaya hidup hemat memiliki banyak manfaat untuk masa depan.




Sebelum terlambat, ada baiknya untuk segera memulai gaya hidup hemat dengan menerapkan 5 cara hidup hemat generasi milenial agar bisa menabung berikut ini.

5 Cara Hidup Hemat Generasi Milenial Agar Bisa Menabung

1. Rubah Gaya Hidup

Generasi milenial memang termasuk generasi dengan tingkat sosialisasi yang tinggi, kebiasaan nongkrong atau hangout sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan.

Kebiasaan ini pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit apabila sering dilakukan, semakin sering kebiasaan nongkrong ini dilakukan semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan.

Kurangi kebiasaan nongkrong atau hangout untuk menekan pengeluaran, atur kurang lebih 2-4 kali sebulan untuk kegiatan nongkrong dan sesuaikan tempat tongkrongan dengan kantong.

2. Jangan Mudah Terpengaruh

Dilansir CNN Indonesia bahwa generasi milenial akan merasa tertekan untuk memiliki barang seperti atau sejenis dengan barang yang dimiliki oleh teman dalam komunitasnya.

Oleh karena itu sebaiknya belajar agar tidak mudah terpengaruh untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, pikir berkali-kali sebelum memutuskan membeli barang yang tujuannya hanya untuk mengikuti trend saja.

3. Hindari Online Shop atau E-Commerce

Generasi milenial sangat identik dengan teknologi, dan salah satu perkembangan teknologi yang digemari generasi milenial adalah e-commerce atau online shop.

Online shop memang membuat kegiatan belanja menjadi lebih mudah, namun karena kemudahan dan cara instan untuk berbelanja justru membuat generasi milenial seringkali tidak bisa membatasi diri ketika sedang belanja online.

4. Selalu Pikir Panjang

Selalu pertimbangkan setiap rupiah pendapatan atau gaji bulanan yang diterima sebelum digunakan, jangan terburu-buru dan terlalu mudah mengeluarkan uang.

Baik dalam jumlah besar atau kecil sekalipun selalu pikir terlebih dahulu apakah memang harus mengeluarkan uang atau tidak.

5. Atur Keuangan

Jangan tunda untuk segera belajar mengatur keuangan agar uang pendapatan tidak hilang begitu saja. Pilah dengan baik uang pendapatan dan sesuaikan dengan kebutuhan, serta sisihkan sebagian untuk kebutuhan darurat atau mendadak lalu jangan lupa juga sisihkan pendapatan untuk ditabung.

Hindari sikap terlalu percaya diri dengan pendapatan atau gaji bulanan yang didapat karena keadaan darurat bisa terjadi pada siapa saja.