5 Cara Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

5 Cara Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

Tren berbelanja secara online memang sangat digemari oleh banyak orang, karena sangat bisa menghemat waktu dan tenaga. Seiring dengan banyaknya online shop yang bermunculan, semakin banyak pula kejadian ganjil yang membuat para konsumen takut belanja secara online. Hal ini disebabkan karena tidak semua seller online shop dapat dipercaya, sehingga muncul kasus seperti barang yang datang bukan barang yang seharusnya (tertukar), barang yang datang sudah rusak, bahkan beberapa yang telah terjadi barang tidak datang sama sekali.

Untuk menghindari kejadian ganjil tersebut alangkah baiknya sebagai konsumen harus memahami cara aman belanja online, serta banyak membaca tips memilih online shop dan tips belanja online sebagai pertimbangan. Perhatikan 5 cara aman belanja online supaya tidak tertipu berikut ini yang wajib diterapkan apabila ingin membeli barang dari seller online.




5 Cara Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

1. Pastikan Stok Barang Tersedia

Dari berbagai macam seller online, tidak semua memberikan informasi dari stok barang yang dijual. Beberapa seller meminta para konsumen untuk menanyakan stok barang terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan, dan sebaiknya jangan melakukan pembayaran sebelum mendapat kepastian mengenai stok barang yang diinginkan tersedia atau tidak.

2. Pastikan Cara Pengiriman Barang

Pilih seller yang melakukan pengiriman barang dengan jelas, bisa dengan ekspedisi atau menggunakan jasa pengiriman barang yang memang bisa dilacak status pengirimannya. Jangan lupa untuk meminta nomor resi pengiriman apabila barang sudah dikirim, agar bisa diketahui status barang yang sedang dalam proses pengiriman.

3. Pastikan Mengenai Cara Packaging

Cari informasi atau tanyakan kepada seller mengenai packaging barang yang dipesan, agar tidak terjadi kerusakan pada barang selama proses pengiriman.

Hal ini penting terutama jika barang yang kita beli adalah barang pecah belah atau barang elektronik, agar tidak terjadi cacat produk yang diakibatkan oleh packing yang tidak sesuai dan tidak memuaskan.

4. Baca Ulasan dan Review Dari Pembeli Sebelumnya

Para seller online biasanya akan menampilkan ulasan atau review dari konsumen yang pernah membeli produknya, walaupun testimoni yang ditampilkan tidak bisa dipercaya sepenuhnya tapi baca beberapa sebagai bahan pertimbangan untuk memilih seller.

5. Pilih Online Shop Terpercaya

Hal ini yang terpenting karena online shop yang terpercaya akan memberi jaminan kualitas barang dan ketepatan waktu. Terdapat beberapa aplikasi untuk belanja online yang menyediakan fitur uang kembali dan retur barang apabila barang yang sampai tidak sesuai, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dari beberapa cara diatas yang paling penting adalah sebagai konsumen harus selalu cermat dan waspada dalam melakukan transaksi jual beli baik secara konvensional maupun online. Belanja online memang memiliki keunggulan, namun jangan lupa untuk selalu memilih seller yang bisa dipercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika belanja secara online.