Belajar WordPress dan Menggunakan WordPress

Belajar Wordpress dan Menggunakan Wordpress




Noob sedang memulai blogging!!, sebagian orang pasti bingung ketika akan memulai blogging.. ingin menggunakan apa, ingin diisi apa, dan atau harus bagaimana. Berhubung ini post pertama saya jadi saya ingin berbagi pengalaman belajar wordpress dan menggunakan wordpress ketika membuat blog ini, jadi saya akan menjelaskan pemahaman saya yang masih dasar ini mengenai wordpress.

Apa itu wordpress..?

WordPress sendiri adalah salah satu CMS (Content Management System) yang berarti suatu aplikasi web untuk memudahkan penggunanya membuat atau me-manage website nya (sederhananya seperti itu), namun wordpress sendiri ada beberapa tipe, yaitu:

  • wordress.com
  • wordpress.org

Belajar WordPress dan Menggunakan WordPress

wordpress.com

Sama halnya dengan blogger.com ada versi gratis dan berbayar, untuk yang versi gratis tentu saja menggunakan tambahan .wordpress.com untuk url nya, namun ada pula yang versi berbayar dengan 3 pilihan personal plan, premium plan atau business plan (ketiganya bisa mendapatkan domain pribadi, misal blabla.com tanpa tambahan wordpress) dan masing-masing memiliki fitur berbeda. Jika dibandingkan dengan blogger, wordpress.com (versi gratis) ini menurut pemahaman saya masih kurang dalam fitur editing nya, coba bandingkan saja keduanya dalam hal editing template/tema (ya walaupun dari segi tampilan tema lebih bagus di wordpress) dan dalam hal input post yang apabila di blogger bisa menggunakan HTML.

wordpress.org

Nah..kalau ini beda, sama wordpress nya tapi beda cara pemakaiannya, apabila di wordpress.com kita dipermudahkan dengan fiturnya yang “tinggal pakai” di wordpress.org kita harus download dulu wordpress nya.

Belajar WordPress dan Menggunakan WordPress

Gambar diatas adalah isi folder dari hasil download di wordpress.org. Kenapa folder?, hal ini yang membedakan wordpress.com dan wordpress.org, kita disarankan untuk menggunakan XAMPP karena didalamnya sudah terdapat MySQL yang nantinya bisa menjadi database website/blog kita. Gambaran mudahnya adalah kita membuat website atau blog yang benar benar mentah dan harus dimasak dari tahap paling awal.

karena sudah tergolong susah, saya memilih menggunakan wordpress namun via auto installer di hosting server yang saya gunakan. Cara ini merupakan alternatif yang baik untuk pemula dan yang masih belajar karena saya hanya tinggal masuk di hosting server dan melakukan auto install wordpress sehingga otomatis database saya sudah terbentuk tanpa harus melakukan pengaturan file website yang rumit. Hosting server sendiri banyak pilihan harga, fitur, dan kualitas bisa dikatakan tergantung selera, bisa juga sekalian bikin domain pribadi. Dibandingkan dengan wordpress.com (versi gratis), dari segi editing juga lebih lengkap apabila menggunakan wordpress via auto installer ini, sehingga sangat cocok untuk belajar membuat blog/website ke tahap yang lebih rumit.