Baking Soda dan Baking Powder Apa Bedanya ?

Baking Soda dan Baking Powder Apa Bedanya

Baking soda dan baking powder merupakan bahan yang sangat penting dalam proses pembuatan kue, tapi bagi sebagian orang termasuk saya mengira kedua bahan ini merupakan bahan yang sama.

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan kenapa kue yang kita buat kurang sempurna, lalu apa saja perbedaan antara baking soda dan baking powder ??.




Baking Soda dan Baking Powder Apa Bedanya ?

1. Bahan Pembuat

Baking soda hanya terbuat dari satu bahan yaitu natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Sodium bikarbonat adalah basa yang akan bereaksi saat bersentuhan dengan bahan bersifat asam, seperti buttermilk, yogurt, atau cuka.

Baking soda akan menjadi aktif jika dicampur dengan bahan bersifat asam dan cairan. Setelah aktivasi, karbon dioksida diproduksi, yang memungkinkan adonan yang dipanggang akan mengembang.

Sedangkan baking powder tidak hanya terbuat dari natrium bikarbonat tapi juga sudah memiliki zat pengasaman, oleh karena itu baking powder tidak memerlukan campuran bahan bersifat asam pada adonan agar bisa mengembang.

2. Pengaruh Rasa

Baking soda bersifat basa dan akan menghasilkan rasa pahit kecuali jika diimbangi dengan keasaman bahan lain, seperti buttermilk. Kita akan menemukan baking soda dalam resep cookies atau kue kering.

Baking powder mengandung asam dan basa yang memiliki efek netral secara keseluruhan dalam hal rasa. Resep yang menggunakan baking powder sering kali menggunakan bahan-bahan yang rasanya netral, seperti susu.

3. Penggunaan

Baking soda digunakan dalam resep yang juga mengandung bahan asam, seperti krim tartar, buttermilk, atau jus jeruk.

Sebaliknya, baking powder biasanya digunakan jika resep tidak mengandung bahan asam, karena bubuk tersebut sudah mengandung asam yang dibutuhkan untuk menghasilkan karbon dioksida untuk proses pengembangan adonan.



Kesimpulannya, meskipun kedua produk tersebut tampak serupa, namun keduanya tidak sama.

Baking soda hanya terbuat dari natrium bikarbonat, yang membutuhkan asam dan cairan agar aktif dan membantu agar adonan dapat mengembang.

Sebaliknya, baking powder mengandung natrium bikarbonat, serta asam. Hanya cukup membutuhkan cairan agar bereaksi.

Sekarang sudah jelas kan perbedaan antara baking soda dan baking powder, jadi jangan sampai salah pilih lagi supaya hasil kue yang dibuat bisa sesuai harapan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.