Bahaya Mengumbar Data Diri di Internet

Bahaya Mengumbar Data Diri di Internet




Tanpa disadari sebagai pengguna kemajuan teknologi kita mengumbar data diri kita di internet, baik melalui media sosial ataupun berbagai macam akun online lainnya. Bahaya mengumbar data diri di internet bukanlah isapan jempol semata, data diri yang kita umbar di berbagai platform online saat ini bisa saja disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya pahami cara aman menjelajahi dunia internet terlebih dahulu sebelum menggunakan internet, lalu apa saja wujud bahaya mengumbar data diri di internet ??.

Bahaya Mengumbar Data Diri di Internet

Menjadi Korban Penculikan
Bukan wujud paranoid belaka, seperti yang pernah terjadi sebelumnya dan sempat heboh di berbagai berita mengenai beberapa kasus remaja menjadi korban penculikan dan pelakunya adalah teman korban yang dikenal melalui media sosial facebook. Salah satu faktor terjadinya hal tersebut tentu karena si korban mengumbar data diri mereka seperti alamat tempat mereka tinggal dan alamat sekolah mereka sehingga si pelaku sangat mudah untuk mengincar calon korban.

Penipuan
Mengumbar data diri di internet dapat juga beresiko menjadi korban penipuan, para pelaku penipuan akan dengan mudah mendapatkan data diri calon korban penipuan melalui media sosial yang dimiliki. Sebagai contoh kasus adalah ketika si calon korban memberikan data diri seperti nomor telepon di akun onlinenya akan memberikan akses pelaku untuk menghubungi nomor tersebut untuk melakukan aksi penipuan. Modus penipuan akan sangat beragam, mulai dari penipuan undian berhadiah hingga mengaku sebagai saksi kecelakaan fiktif dari keluarga si calon korban dengan tujuan untuk mendapatkan transfer uang dari si calon korban sebagai biaya ganti pengobatan dari kecelakaan fiktif tersebut.

Mendapatkan Banyak Spamming
Dengan mengumbar data diri di internet juga membuat siapapun dapat mengetahui kontak kita, sehingga kita bisa saja mendapatkan bom spamming yang pasti sangat mengganggu. Data diri yang diumbar di internet dapat menjadi target para pelaku spamming, entah spam berupa email atau bahkan sms tergantung informasi kontak yang ditampilkan di internet.

Mendapatkan Teror
Masih merujuk kepada tiga poin diatas, dengan mengumbar data diri di internet kita bisa saja mendapat teror dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bentuk teror tersebut sangat beragam dan membahayakan, karena sudah banyak contoh kasusnya yang pernah terjadi.


Waspada
Yang paling penting adalah selalu waspada dan jangan mengumbar data diri di internet, pahami segala macam bentuk konsekuensi yang akan terjadi sebelum bertindak di dunia internet. Internet merupakan dunia lain yang sangat luas jangkauannya, dan karena jangkauannya yang sangat luas bahkan mungkin tanpa batas kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi jika kita tidak berhati-hati menggunakan internet.