5 Tips Memulai Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

5 Tips Memulai Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan




Sebagian orang merasa tidak puas terhadap pekerjaan yang sedang mereka jalani, beberapa penyebabnya adalah karena pekerjaan yang sedang mereka jalani tidak sesuai dengan passion mereka, ide tidak dapat tersalurkan, serta timbal balik yang kurang memuaskan. Salah satu solusi yang dilakukan adalah memulai usaha atau bisnis sampingan, lalu bagaimana cara memulai usaha sampingan sedangkan posisi kita sedang menjadi pegawai tetap di suatu perusahaan ??. 5 tips memulai usaha sampingan untuk menambah penghasilan berikut ini bisa menjadi referensi sebelum memulai bisnis sampingan.

5 Tips Memulai Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

Online Atau Offline
Pastikan apakah ingin memulai usaha sampingan secara offline atau online, atau bahkan keduanya. Apabila kerja harian terlalu padat mungkin sebaiknya untuk memulai usaha sampingan secara online, karena akan sangat efisien waktu dan tempat sehingga tidak terlalu mengganggu kerja harian yang sedang dijalani.

Manajemen Keuangan
Wajib untuk lebih pandai mengelola keuangan agar gaji bulanan dari kerja harian tetap aman, apabila perlu buka rekening khusus untuk keuangan bisnis sampingan kita. Memisahkan antara rekening pribadi dan bisnis akan membuat kita lebih mudah untuk mengatur dan memantau alur keuangan kita sehingga akan lebih terorganisir dengan baik. Sekecil apapun bisnis yang dijalani jangan pernah ceroboh dalam mengatur keuangan.

Produk
Produk merupakan salah satu kunci untuk memulai bisnis atau usaha sampingan, cermat dalam melihat kebutuhan pasar adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Apabila produk kita berupa barang perhatikan juga ketersediaan bahan bakunya serta kemudahan untuk mendapatkannya.

Manajemen Waktu
Merintis usaha atau bisnis sambil bekerja harian berarti juga harus pandai mengatur waktu agar bisnis tetap berjalan dan kerja harian pun tetap lancar. Manfaatkan waktu luang diluar pekerjaan tetap dengan baik, gunakan waktu luang tersebut untuk melakukan promosi serta mencari konsumen. Jangan sampai bisnis sampingan kita mengganggu pekerjaan tetap kita.

Siapkan Strategi Pemasaran
Jangan lupa untuk merencanakan strategi pemasaran, strategi pemasaran pun dapat dilakukan secara offline atau online. Tentu dalam melakukan pemasaran juga perlu mempertimbangkan waktu dan tempat agar tidak terbentur dengan pekerjaan harian kita. Ada banyak platform online untuk memasarkan produk kita mulai dari media sosial seperti facebook dan instagram, bisa juga menggunakan website atau blog.