5 Cara Mudah Menjaga Agar Laptop Tidak Cepat Panas

5 Cara Mudah Menjaga Agar Laptop Tidak Cepat Panas




Menggunakan laptop dalam waktu yang lama dapat menyebabkan suhu laptop menjadi panas, suhu panas yang berlebihan pada laptop juga pasti akan berakibat buruk untuk komponen lain pada laptop. Terdapat banyak efek samping lain yang akan terjadi pada laptop apabila suhu laptop mengalami overheat atau suhu panas yang berlebihan. Overheat pada laptop juga akan sangat mempengaruhi kinerja laptop, lakukan 5 cara mudah menjaga agar laptop tidak cepat panas berikut ini untuk menghindari laptop mengalami overheat.

5 Cara Mudah Menjaga Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Jangan Digunakan Di Kondisi Yang Panas
Hindari menggunakan laptop di kondisi sekitar yang panas dan pengap, untuk menjaga suhu komponen laptop tetap dingin selalu gunakan di ruangan ber-AC atau sejuk dengan sirkulasi udara yang bagus. Cara ini sangat efektif karena ketika laptop bekerja keras komponen laptop akan sangat cepat panas, oleh karena itu suhu ruangan juga sangat mempengaruhi ketahanan laptop agar tidak overheat.

Rajin Membersihkan Laptop Agar Tidak Berdebu
Selain suhu sekitar atau kondisi sekitar, debu juga sangat berperan terhadap kondisi laptop yang cepat panas. Debu dapat menutup sirkulasi udara pada komponen laptop, debu yang berlebihan dapat menyumbat saluran fan atau kipas pada laptop. Rajinlah membersihkan laptop dari debu, gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan sudut-sudut laptop yang memang menjadi saluran udara dari fan atau kipas laptop.

Jangan Terlalu Dipaksa
Salah satu penyebab utama laptop cepat panas adalah para pengguna laptop yang sering menggunakan laptop tanpa ada jeda istirahat serta memaksa laptop untuk bekerja terlalu keras. Gunakan laptop sesuai dengan kemampuan atau spesifikasi yang dimiliki, sebaiknya jangan terlalu sering memaksa laptop bekerja melebihi kemampuan yang dimiliki agar laptop tidak mudah overheat.

Kurangi Brightness Layar Laptop
Salah satu cara paling sederhana agar laptop tidak cepat panas adalah untuk mengurangi tingkat kecerahan layar laptop. Gunakan tingkat brightness layar laptop agar tidak terlalu terang namun juga jangan terlalu redup agar tetap nyaman untuk mata.

Gunakan Cooling Pad Untuk Pendingin
Tidak ada salahnya menggunakan cooling pad untuk pendingin tambahan laptop, namun juga perlu diperhatikan agar cooling pad harus sering dibersihkan karena cooling pad juga dapat membuat laptop lebih cepat berdebu. Menggunakan cooling pad memang tidak terlalu efektif mengatasi overheat laptop, namun bisa menjadi alternatif apabila kita sedang tidak di ruangan yang ber-AC.


5 cara mudah menjaga agar laptop tidak cepat panas diatas adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Gunakan laptop secara wajar dan tidak berlebihan agar laptop tidak mudah overheat, karena overheat akan membuat kinerja laptop menurun serta berakibat buruk untuk komponen laptop yang lain.