5 Cara Ampuh Hemat Baterai Smartphone Android Agar Tidak Cepat Lowbat

5 Cara Ampuh Hemat Baterai Smartphone Android Agar Tidak Cepat Lowbat




Sebagai pengguna smartphone khususnya android pasti sering mengalami lowbat atau kehabisan daya baterai. Hal ini akan sangat menyebalkan ketika kita sedang jauh dari sumber listrik atau tidak membawa charger smartphone kita.
Karena intensitas pemakaian smartphone yang tinggi pasti akan membuat baterai smartphone cepat lowbat. Untuk mengatasi hal ini coba lakukan 5 cara ampuh hemat baterai smartphone android agar tidak cepat lowbat atau kehabisan daya baterai.

5 Cara Ampuh Hemat Baterai Smartphone Android Agar Tidak Cepat Lowbat

Aktifkan Silent Mode
Nonaktifkan mode suara atau getar di smartphone android untuk menghemat daya baterai, aktifkan silent mode untuk daya tahan baterai yang lebih lama. Cara ini cukup ampuh bagi para pengguna yang aktif menggunakan aplikasi chatting karena notifikasi dari aplikasi tersebut akan menguras daya baterai smartphone kita. Untuk lebih menghemat daya baterai matikan juga fitur notifikasi pop-up pada aplikasi chatting tersebut.

Jangan Gunakan Widget
Sebagian dari pengguna smartphone menggunakan widget bukan karena fungsinya, melainkan hanya sebagai penghias layar smartphone mereka. Sebaiknya gunakan widget sesuai kebutuhan saja, atau jangan gunakan widget apabila ingin lebih menghemat daya baterai smartphone kita.

Minimalkan Tampilan Layar
Apabila ingin menghemat daya baterai smartphone ada baiknya juga untuk tidak menggunakan wallpaper animasi atau wallpaper yang terlalu banyak warna. Gunakan saja wallpaper dengan satu warna (hitam), serta atur brightness/kecerahan layar menjadi low brightness.

Tutup Aplikasi Background
Jangan biarkan aplikasi yang berjalan di background terlalu lama, karena aplikasi yang berjalan di background akan membuat RAM bekerja extra sehingga juga akan berdampak pada konsumsi daya baterai smarthpone kita. Untuk lebih menghemat baterai juga dapat menonaktifkan background data aplikasi dengan konsumsi daya atau data yang paling besar.

Aktifkan Battery Saver
Gunakan fitur battery saver atau battery & power saving, serta buka battery usage untuk memantau aplikasi mana saja yang konsumsi dayanya paling besar. Segera stop aplikasi dengan konsumsi daya yang paling besar, agar baterai smartphone dapat bertahan lebih lama.