3 Contoh Persaingan Tidak Sehat dan Tidak Bermutu di Tempat Kerja

3 Contoh Persaingan Tidak Sehat dan Tidak Bermutu di Tempat Kerja




Persaingan di tempat kerja merupakan hal yang sudah umum terjadi, memiliki jiwa yang kompetitif sangat penting agar kita selalu termotivasi dan selalu mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagian besar perusahaan juga pasti akan memberikan apresiasi sesuai dengan hasil kerja kita, oleh karena itu bersaing di tempat kerja adalah hal yang wajar dan seharusnya dilakukan. Dengan adanya kompensasi yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pegawai yang berprestasi, seringkali menimbulkan persaingan dengan cara yang tidak sehat dan tidak bermutu antar sesama pegawai. Diantara banyaknya cara bersaing yang tidak sehat, 3 contoh persaingan tidak sehat dan tidak bermutu di tempat kerja berikut ini pasti sering kita temui.

3 Contoh Persaingan Tidak Sehat dan Tidak Bermutu di Tempat Kerja

Saling Menjatuhkan
Indikasi persaingan yang tidak sehat di tempat kerja adalah munculnya sikap saling menjatuhkan seperti mencela hasil pekerjaan orang lain hingga selalu mencari kesalahan rekan kerjanya. Sikap saling menjatuhkan seperti ini sangat mungkin terjadi di tempat kerja demi mendapat promosi jabatan.

Tukang Cari Muka
Berikut ini adalah cara yang termasuk paling licik dalam persaingan yang tidak sehat di tempat kerja, tukang cari muka pasti ada di setiap perusahaan tempat kita bekerja. Ciri orang yang suka cari muka adalah selalu berpura-pura baik hanya jika ada atasan, selalu mengadu keburukan orang lain kepada atasan bahkan hingga melakukan fitnah untuk menjatuhkan rekan kerjanya. Sebaiknya kita selalu waspada dengan sikap seperti ini karena bukan tidak mungkin kita akan menjadi korban dari rekan kerja yang suka cari muka.

Senioritas
Persaingan yang tidak sehat di tempat kerja juga dapat menggunakan senioritas sebagai “senjata”, hal ini terjadi karena prestasi seorang pegawai tidak selalu diukur dari lamanya masa kerja. Bagi para pegawai senior yang sudah merasa akan kalah bersaing dengan pegawai baru pasti menggunakan kesenioritasan mereka untuk melakukan intimidasi kepada para pegawai baru.


Masih terdapat banyak contoh lain dari persaingan tidak sehat di tempat kerja, jadikan contoh tersebut sebagai motivasi untuk mengembangkan diri dan kemampuan. Persaingan yang sehat akan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, sebaliknya jika lingkungan kerja penuh dengan berbagai macam sikap yang buruk dan negatif akan tercipta lingkungan kerja yang negatif juga. Gunakan serta tunjukkan kemampuan kerja yang baik dan benar apabila ingin bersaing di tempat kerja.